Energi Pancaran Matahari

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Matahari merupakan adalah sebuah bola gas yang sangat besar ukurannya, cahaya matahari sangat menyilaukan mata meskipun kita lihat dari permukaan bumi serta memiliki panas yang sangat tinggi. Matahari ini memiliki sinar atau menghasilkan sinar sendiri bukan merupakan pantulan cahaya dari benda lain, semisal bulan.Matahari sendiri masuk dalam golongan bintang karena menghasilkan cahaya sendiri.
matahari bunga matahari
Gambar : all-free-download.com
Matahari adalah bintang yang keberadaan dan letaknya paling dekat dengan planet bumi. Sebenarnya ukuran matahari ini tidak begitu besar karena masih banyak bintang yang berukuran lebih besar dari matahari, termasuk juga lebih panas dan lebih silau atau cerah cahayanya. Mengapa matahari terlihat besar dari permukaan bumi ? Karena memang letaknya yang paling dekat dibandingkan dengan letak bintang yang lainnya.
Energi Pancaran Matahari
Matahari ini memancarkan cahaya dan energi panas ke segala arah, sehingga mampu mengenai seluruh anggota tata surya. Misalnya bumi yang terkena pancaran cahaya dan panas dari matahari, bahkan planet pluto yang letaknya jauhpun tak luput dari pancaran  energi matahari.
Seberapa besarkah manfaat dari energi pancaran matahari ?
Tidak bisa kita pungkiri bahwa matahari adalah elemen penting dalam kehidupan makhluk di bumi ini. Manusia tidak akan hidup tanpa energi pancaran matahari, begitupun tumbuhan dan hewan. Pemanfaatan energi pancaran matahari saat ini oleh manusia sudah berkembang sangat pesat, jika dahulu mungkin hanya sebagai penghangat badan dan pengering pakaian, sekarang ini misalnya panas matahari mulai dikembangkan menjadi sumber energi listrik, sumber energi moda transportasi dan lain-lain.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :