Pencegahan Kanker Paru (Lung Cancer Prevention)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pencegahan Kanker Paru
Cara utama dan terbaik untuk mengurangi risiko terkena kanker paru adalah berhenti merokok. Orang yang telah berhenti merokok selama 10 tahun berarti telah berhasil menurunkan risikonya terkena kanker paru sebesar 30-50%.
Sementara upaya pencegahannya dapat dilakukan dengan menjaga daya tahan tubuh melalui pola hidup sehat (olahraga teratur, tidur cukup, hidup bebas stres, dan pola makan sehat).
Di samping itu, orang-orang yang termasuk golongan risiko tinggi (GRT) disarankan selalu waspada. Jika mempunyai keluhan napas seperti batuk, sesak napas, ataupun nyeri dada; hendaknya segera memeriksakan diri ke dokter spesialis paru-paru.
Faktanya rata-rata kasus stadium awal ditemukan tanpa sengaja, misalnya ketika seseorang melakukan pemeriksaan kesehatan rutin lainnya. Adapun sekitar 25% dari penderita kanker paru-paru baru mengetahui gejala penyakitnya setelah mereka beberapa kali melakukan pemeriksaan sinar X di dada atau CT scan. (Jika terbukti ada kanker paru maka akan tampak bulatan kecil seperti koin).

Sumber Tulisan :
Agustina Soebachman, 2011, Awas 7 Kanker Paling Mematikan, Syura Media Utama, Yogyakarta.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :