Flu Perut (Gastroenteritis)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Infeksi saluran cerna akibat virus atau dikenal dengan flu perut sering sekali mendera baik itu kepada anak-anak, orang dewasa bahkan orang tua.
Tanpa disadari sangat banyak virus disekitar kita, termasuk virus yang dapat menyerang menginvasi saluran cerna.
Virus penyebab flu perut adalah sebagai berikut :
1. Rotavirus
Biasanya masuk ke tubuh anak saat tangan yang mengandung virus dimasukkan ke mulut. Pada orang dewasa, mungkin saja terinfeksi namun tidak bermanifestasi. Hanya saja masih dapat menularkan ke orang lain.
2. Norovirus
Anak-anak dan dewasa dapat terinfeksi virus ini. Biasanya menular melalui orang yang terdapat di dalam satu ruangan. Namun dapat juga melalui makanan atau minuman yang sudah tertular oleh virus. Penularan juga dapat terjadi langsung dari manusia, misalnya dari percikan ludah.
Gejala flu perut adalah sebagai berikut :
1. Diare berair
2. Nyeri perut dan kaku
3. Mual, muntah atau keduanya dapat terjadi
4. Nyeri pada otot dan sakit kepala
5. Demam sedang hingga tinggi
Biasanya keluhan akan hilang dalam tiga hari, namun pada beberapa kasus dapat memanjang hingga sepuluh hari.
Pada dewasa muda yang sehat, flu perut jika ditangani dengan baik tidak menimbulkan kematian, namun setidaknya membuat penderita menjadi tidak nyaman, dan tentu saja perlu mendapatkan perawatan.
Tetapi perlu diwaspadai bila flu perut menyerang bayi, orang tua, atau mereka yang mengalami gangguan sistem kekebalan, penyakit flu perut dapat menjadi masalah serius hingga berujung pada kematian.(Dokter Kita).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :