Pengertian Masyarakat dan Pengertian Kelompok

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Masyarakat adalah sekelompok orang yang memiliki identitas sendiri dan mendiami wilayah atau daerah tertentu, serta mengembangkan norma-norma yang harus dipatuhi oleh para anggotanya.
Istilah masyarakat itu seringkali dibedakan dalam kata society dan community. Kata society itu menunjuk kepada pengertian masyarakat luas, yang merupakan kumpulan dari individu-individu yang saling berinteraksi, yang memiliki tujuan bersama dan yang cenderung memiliki kepercayaan, sikap dan perilaku yang sama (Krech et al, 1962).
Selanjutnya society ini dibagi menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil yang dinamakan comunity atau komunitas. Menurut Freeman (1963) komunitas adalah suatu tempat, suatu kumpulan manusia, ataupun suatu sistem sosial. 
Komunitas sebagai tempat mencakup lingkungan fisik dimana seseorang hidup. Sebagai suatu kumpulan manusia, komunitas dapat dibedakan menurut kepadatan dan komposisi penduduknya, tradisi dan nilai-nilai budayanya, tingkat atau kelas sosialnya, dan lain-lain. Komunitas sebagai suatu sistem sosial, komunitas merupakan totalitas dari interaksi sebagai sistem utama.
Sumber : Solita Sarwono, 1993, Sosiologi Kesehatan, Beberapa Konsep Beserta Aplikasinya, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :