Cara Menangani Cacar Air Pada Anak

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Seringkali orang tua, khususnya ibu memandang biasa terhadap anaknya ketika terkena Penyakit Cacar Air. Penanganan awal biasanya dilakukan hanya dengan mengolesi bedak talk atau memberikan obat yang dibelinya di warung-warung atau toko obat apotek tanpa petunjuk dokter.
Padahal tindakan tersebut justeru dapat menjadikan cacar air bertambah parah. Untuk mengatasi hal ini ada beberapa kiat dan tips jika anak terkena cacar air.
Cacar Air merupakan penyakit yang harus ditangani dengan sangat hati-hati. karena jika bintil-bintil tersebut pecah bisa menular pada kulit yang terkena air. Dampaknya setelah cacar air sembuh akan meninggalkan bekas cacar air berupa bopeng di kulit.
Sebenarnya penyakit cacar air ini bisa dicegah sejak lama, yaitu dengan melakukan imunisasi ketika anak berumur 1 tahun atau lebih. Namun, jika penyakit ini sudah menular atau menjangkiti anak, maka jika tidak segera ditangani akan berlanjut parah. 
Gejala Cacar Air yang perlu diketahui adalah demam selama beberapa hari disusul dengan keluarnya bintil-bintil merah di beberapa bagian kulit. Kondisi tubuh kian hari kian lelah, letih maupun lesu. Jika sudah memasuki fase tertentu bintil-bintil merah tadi akan membesar dan berisi air pada masa tiga atau lima hari yang disertai dengan rasa sangat gatal.
Jika hal ini terjadi hendaknya segera mandikan anak dengan air dingin. Tuangkan secangkir soda kue pada air mandi untuk mengurangi rasa gatal. Kemudian berikan Tylenol untuk menurunkan demam, tapi harus dibaca aturan serta petunjuk pemakaian untuk mengetahui dosis yang tepat dan hindari pemakaian aspirin kepada anak-anak.
Jika cacar air terjadi pada anak balita, segera potong kukunya agar tidak digunakan untuk menggaruk binti-bintil karena gatal, dan jangan lupa gunakan salep calamine pada bintil-bintil cacar untuk menghilangkan rasa gatal. Hindakan sinar matahari dan awasi terus anak kemanapun pergi.
Jika anak berlanjut dengan keluhan-keluhan lain seperti gatal yang tidak juga hilang, muncul luka di bagian mata atau yang lain, demam tinggi disertai sakit kepala, sakit leher, batuk, muntah dan mudah pelupa maka jangan tunggu waktu lama lagi, segera bawa ke dokter atau puskesmas terdekat.
Karena setelah terjadi gejala seperti ini biasanya berlanjut dengan rasa sakit setiap buang air kecil dan bintil-bintil kian meradang. Bila bintil sudah meradang maka akan mengeluarkan nanah, sehingga terjadi pembengkakan dan terasa nyeri dan sakit sekali. (SELARAS). 

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :