Benda Padat, Benda Cair dan Benda Gas

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Mengingat-ingat masa dahulu ketika saya masih SD tepatnya SDN 2 Temengeng, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, saya mendapatkan pelajaran tentang wujud benda dan perubahannya. Sampai sekarangpun saya masih ingat betul dengan pelajaran ini.
Gak papalah saya tulis disini materi dasar tentang tema Benda Padat, Benda Cair dan Benda Gas, lha wong situs ini berslogan “Situs Pendidikan Indonesia” dan memang situs ini akan saya bangun dan besarkan untuk rujukan semua kalangan mulai anak sekolah sampai masyarakat umum kok...!
Wujud benda ada 3 macam, sudah tahu kan...?
a. Benda Padat (Solid)
Pengertian benda padat adalah suatu benda yang berbentuk padat atau solid yang mempunyai sifat struktur yang kuat, erat dan kaku, tidak mudah berubah bentuk dan volumenya. Contoh benda padat adalah batuan, kayu dan lain-lain.
b. Benda Cair (Liquid)
Pengertian benda cair adalah suatu benda yang berbentuk cair, yang mempunyai sifat mengalir, basah, bentuk tidak tetap atau menyesuaikan dengan tempat yang ditempatinya serta volumenya tetap. Contoh benda cair adalah air, bensin dan lain-lain.
c. Benda Gas (Gas)
Pengertian benda gas adalah benda yang berbentuk gas bisa bentuk cair bisa bentuk padat, yang mempunyai sifat mengisi ruang, mengalir dan berubah bentuk namun berbeda dengan benda cair. Contoh benda gas udara yang kita hirup, asap hasil pembakaran dan lain-lain.
Perubahan wujud benda sebagai berikut :
a. Benda padat menjadi cair
Perubahan wujud benda padat menjadi cair disebut mencair atau melt. Contohnya adalah air membeku menjadi es batu.
b. Benda cair menjadi padat
Perubahan wujud benda cair menjadi padat disebut membeku atau solidify . Contohnya adalah es batu yang mencair menjadi air.
c. Benda cair menjadi gas
Perubahan wujud cair menjadi gas disebut menguap atau vapourise. Contohnya adalah spiritus yang habis karena menguap.
d. Benda gas menjadi cair
Perubahan wujud gas menjadi cair disebut mengembun atau condense. Contohnya adalah kabut yang menjadi embun pagi.
e. Benda gas menjadi padat
Perubahan wujud gas menjadi padat disebut mendeposisi atau deposition. Contohnya adalah hasil pembakaran lampu minyak yang menjadi jelaga yang bahasa jawanya sering disebut angus.
f. Benda padat menjadi gas
Perubahan wujud benda padat menjadi gas disebut menyublim atau sublime. Contohnya adalah pengharum mobil yang berbentuk padat mengeluarkan bau harum yang lama kelamaan akan habis menguap.
Demikianlah penjelasan saya tentang Benda Padat, Benda Cair dan Benda Gas, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :