Tata Surya : Planet, Satelit, Komet, Meteor dan Meteorit, Asteroid

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Tata surya merupakan kumpulan sistem dari matahari, planet, asteroid, komet, meteorid dan satelit. Matahari adalah pusat tata surya karena yang lainnya selalu mengitarinya baik siang maupun malam. Anggota tata surya yang mengitari matahari tersebut tidak pernah meninggalkan tempatnya dikarenakan adanya gaya gravitasi atau tarik menarik yang dihasilkan oleh matahari.
Solar System - Tata Surya
1. Planet
Jumlah planet sampai saat ini ada sembilan. Nama-nama planet tersebut adalah : Merkurius, Venus , Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Planet yang dapat dilihat tanpa menggunakan teropong adalah planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. Sedangkan Planet Uranus, Neptunus dan Pluto harus dilihat dengan menggunakan teropong.
Planet dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan letak asteroidnya yaitu : Planet Dalam (Merkurius, Venus, Bumi, Mars) dan Planet Luar (Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto).
Planet yang paling jauh dengan matahari adalah Planet Pluto dan planet yang paling dekat dengan matahari adalah Planet Merkurius. Posisi terjauh planet dari matahari ini disebut Aphelium dan posisi terdekat dari matahari disebut Perihelium. Peredaran planet mengelilingi matahari disebut revolusi dan waktu yang diperlukan oleh planet untuk menyelesaikan satu kali revolusi disebut kala revolusi. Revolusi planet bumi adalah satu tahun.
Arah putaran planet searah dengan jarum jam kecuali Venus dan Uranus yang arah putarannya berlawanan. Rotasi adalah perputaran planet mengelilingi sumbunya. Waktu untuk sekali rotasi disebut kala rotasi. Kala rotasi bumi kurang lebih 24 jam, Venus memiliki kala rotasi yang paling lama yaitu 249 hari, sedangkan Jupiter memiliki kala rotasi yang paling cepat yaitu 9,9 jam.
Sebutan-sebutan untuk planet yang paling populer diantara adalah : Venus disebut juga bintang pagi atau bintang senja, Mars disebut atau dijuluki dengan planet merah, Uranus dan Neptunus disebut sebagai planet kembar. Planet terbesar adalah Jupiter, Planet terbesar kedua adalah Saturnus, dan planet terkecil sekaligus letaknya terjauh adalah planet pluto.
2. Satelit
Satelit adalah benda angkasa yang mengelilingi planet. Satelit ini selalu menemani planet dan disebut juga sebagai pengawal planet. Macam-macam satelit itu ada dua yaitu satelit alamiah dan satelit buatan. Jumlah satelit alamiah ada 63. Bumi memiliki 1 satelit yaitu bulan, Saturnus memiliki satelit terbanyak yaitu 18, Jupiter memiliki 16 satelit, Uranus memiliki 17 satelit, Mars memiliki 2 satelit, Neptunus memiliki 8 satelit dan pluto memiliki 1 satelit. Satelit milik Saturnus merupakan satelit terbesar yaitu bernama Titan. Satelit terbesar milik Jupiter adalah Ganymeda.
3. Komet
Komet adalah benda langit yang terdiri dari debu, es dan gas yang membeku dan komet ini juga mengelilingi matahari. Komet terlihat seperti menyala dan berekor. Komet yang paling terkenal adalah Komet Halley yang akan muncul setiap 76 tahun sekali. Komet Halley muncul terakhir pada tahun 1986 dan nanti akan muncul lagi pada tahun 2062. Komet yang jarang terlihat karena sering mengembara diantaranya adalah Komet Kohoutek.
4. Meteor dan Meteorit
Meteor adalah benda yang terbentuk dari pecahan-pecahan komet yang hancur. Ketika komet hancur, maka pecahan-pecahannya itu terus beredar diangkasa dan membentuk kelompok meteor. Meteor biasanya berukuran sangat kecil dan jarang yang berukuran besar. Peristiwa gesekan meteor dengan atmosfer yang menghasilkan panas dan membakar habis meteor sebelum dapat mencapai bumi dan menghasilkan jalur bercahaya, itulah yang disebut dengan meteor, bintang beralih / bintang ngaleh, ataupun bintang jatuh.
Sedangkan Meteorit adalah meteor yang jatuh dan sampai ke bumi. Meteorit pernah jatuh di Afrika dengan massa 60-70 ton yang belum diangkat sampai saat ini, bahkan di Arizona United States ada sebuah kawah besar bekas jatuhnya meteorid.
5. Asteroid
Asteroid adalah batuan ruang angkasa yang disebut juga sebagai planet kecil. Jumlah asteroid kira-kira mencapai 100.000 buah. Rata-rata diameter asteroid hanya 2 km. Asteroid terbesar adalah Ceres yang diameternya mencapai 955 km. Yang lainnya adalah asteroid Pallas diameter 560 km dan Vesta diameter 391 km. Asteroid biasanya juga bergerombol dimana kerumunan asteroid ini disebut dengan Sabuk Asteroid.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :